Manfaat dan Cara Melakukan Yoga

Ingin tubuh sehat tapi anda  merasa olahraga tersebut  menyiksa? Tunggu dulu, anda  belum mengupayakan  yoga tertawa. Olahraga ini tidak melulu  menyenangkan dan menciptakan  hati senang, tapi pun  membawa tidak sedikit  manfaat untuk  kesehatan.

Seperti namanya, yoga tertawa adalah jenis yoga yang melibatkan penataan  pola pernapasan dan tertawa. Tertawa mempunyai  nilai psikologis tersendiri sebab  menjaga kesehatan mentalmu. Ketika diimbangi dengan pelajaran  pernapasan yang dilaksanakan  pada pekerjaan  yoga, maka serangkaian guna  akan diperoleh.


Berbagai Manfaat dan Cara Melakukan Yoga Tertawa yang Sayang guna  Dilewatkan - Alodokter

Manfaat Yoga Tertawa
Kombinasi tertawa dan pelajaran  pernapasan yang dilaksanakan  saat yoga tertawa akan menambah  saturasi dan aliran oksigen ke benak  dan ke semua  tubuh. Hal ini bakal  membawa tidak sedikit  manfaat guna  kesehatan, di antaranya:

1. Mengatasi gangguan tidur
Jika anda  sulit istirahat  atau menderita insomnia, kayaknya anda  perlu ikut yoga tertawa, deh. Pasalnya, ada riset  yang mengindikasikan  bahwa yoga tertawa dapat  meningkatkan kualitas istirahat  dan menanggulangi  gangguan tidur, laksana  insomnia.

2. Mengatasi depresi
Selain menanggulangi  gangguan tidur, penelitian pun  mengungkapkan bahwa yoga tertawa dapat  mengatasi depresi. Manfaat ini dikaitkan dengan pelepasan hormon endorfin ketika  tertawa sehingga dapat  membuatmu merasa lebih bahagia.

3. Membantu meredakan penyakit demensia
Meski masih butuh  untuk dianalisis  lebih lanjut, yoga tertawa dipercayai  mampu membawa   manfaat untuk  penderita demensia. Hal ini dikaitkan dengan efektivitas tertawa dalam membetulkan  suasana hati penderita demensia.

4. Meningkatkan kualitas hidup penderita multiple sclerosis
Latihan tertawa pun  menjadi salah satu pelajaran  yang direkomendasikan guna  penderita gangguan pada sistem saraf, laksana  multiple sclerosis. Latihan ini serupa  dengan yoga tertawa sebab  melibatkan pun  latihan pernapasan dan relaksasi.

Latihan tertawa bisa  meredakan ketegangan dan tidak jarang  dikaitkan dengan penambahan  kerja sistem imun dan sistem kadiovaskular bila  digabungkan   dengan pelajaran  pernapasan. Hal ini bisa dominan    positif untuk  penderita multiple sclerosis.

Cara Melakukan Yoga Tertawa di Rumah
Kamu dapat  mengikuti ruang belajar  yoga tertawa yang diberikan panduan  oleh instruktur, atau dapat  pula mempraktikkannya sendiri di lokasi  tinggal  atau di taman. Ajaklah minimal  lima orang temanmu, supaya  yoga tertawa bisa  lebih menyenangkan.

Berikut ialah  cara mempraktikkan yoga tertawa:

Duduklah bersila di matras bareng  peserta yoga yang lain, menyusun  lingkaran.
Lakukan kiat  relaksasi sebagai pemanasan dengan teknik  menarik napas panjang, kemudian  menghembuskannya pulang  secara perlahan. Ulangi gerakan ini selama tidak cukup  lebih 10 menit.
Setelah pemanasan selesai, rentangkan kedua lengan ke samping sampai  telapak tanganmu menempel dengan telapak tangan peserta yoga di kiri dan kananmu. Dengan begitu, lengan semua  peserta yoga bakal  saling terhubung dan menyusun  lingkaran tertutup.

Tepukkan tangan ke peserta yoga beda  secara bersamaan. Stimulasi dan desakan  pada telapak tangan akan menambah  energi dan koordinasi grup.
Sembari menepukkan tangan dengan peserta lain, anda  juga dapat  menekuk lutut dan menggelengkan kepala. Hal ini akan menciptakan  suasana nyaman, rileks, dan lebih senang. Untuk merangsang  tawa, kamu dapat  saling menatap satu sama lain. Lakukan pekerjaan  ini selama tidak cukup  lebih 30 menit.
Setelah itu, beristirahatlah selama tidak cukup  lebih 10 menit, dan biarkan tubuh pulang  rileks.

Untuk membantumu lebih rileks, duduklah bersila dan letakkan kedua tangan di lutut. Tutup mata, kemudian  tarik napas yang panjang dan hembuskan secara perlahan. Saat anda  melakukan gerakan ini, fokuskan pikiran melulu  pada pernapasan dan kerjakan  ini selama sejumlah  menit.
Nah, itulah teknik  melakukan yoga tertawa. Mudah, kan? Kamu dapat  mencobanya bareng  teman-temanmu, atau dengan pasangan dan keluargamu, guna  mendapatkan pelbagai  manfaatnya.

Jika anda  sudah mengerjakan  olahraga ini namun  merasa tidak sesuai  atau tidak cukup  mendapatkan manfaatnya, tidak boleh  sungkan berkonsultasi dengan dokter untuk memahami  pilihan olahraga lainnya yang dapat  meningkatkan situasi  kesehatanmu.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenal Bilirubin dan Penyebab Jumlah Bilirubin Meningkat

Ketahui Berbagai Jenis Obat Demam Tradisional